Inilah 3 Tradisi Keluarga Finlandia yang Jarang Diketahui

KeluargaPedia.com–Beberapa hari terakhir jagat maya diramaikan dengan pemberitaan mengenai pertemuan sengit antara Finlandia dengan Negeri Beruang Putih Rusia dalam ajang matchday kedua penyisihan Grup B Euro 2020.

Meski Finladia harus menelan kekalahan dengan skor 1-0, tim berjuluk The Eagle Owls itu tetap punya asa tinggi menyonsong pertandingan selanjutnya.

Kekalahan tak membuat timnas Finlandia melemah. Justru sebaliknya, sejak awal mereka memang tampil cukuk trengginas. Pertahanan mereka sangat ketat dan disiplin dengan teknik bermain bola seolah sedang bertempur di medan perang.tradisi keluarga finlandia

Hal itu dibuktikan dengan kemampuan mereka menahan gempuran Rusia yang sebelumnya digadang gadang akan menang besar dengan materi pemainnya yang terbilang andal.

Tapi sebenarnya, ketangguhan Lukas Hradecky dkk itu tidak lepas dari watak keluarga Finlandia yang telah ditempa sejak kecil terutama peran keluarga mereka dalam membiasakan kedisiplinan dan ketekunan.

3 Tradisi Keluarga Finlandia Yang Jarang di Ketahui

Di luar hal tersebut, Finlandia punya loh beberapa keunikannya. Berikut beberapa kebiasaan atau tradisi orang orang dan keluarga Finlandia yang kelihatannya masih jarang diketahui:

Irit Bicara

Ya, tentu saja kesan irit bicara atau “pendiam” itu relatif dan sangat subjektif. Namum pendiamnya orang Finlandia agaknya memang sudah menjadi rahasia umum. Hal itu misalnya seperti disajikan BBC Travel dalam salah satu liputannya.

Kontributor BBC Travel, Laura Studarus, menceritakan bagaimana pengalamannya betapa efektifnya orang Finlandia termasuk dalam hal berbicara.

Menurut Laura, sebagaimana pengalamannya sendiri dan pengamatan langsung, orang-orang Finlandia tidak berbicara jika tidak ada topik penting untuk didiskusikan, bahkan tidak ada pembicaraan sama sekali.

Baca Juga :   Memahami Fitrah Anak dan Hal yang Mempengaruhinya

Karena kulturnya tersebut, orang Finlandia acapkai dianggap tertutup, yang dalam istilah Laura, memiliki selubung diam yang dijahit secara permanen di tempat.

Tradisional

Di tengah gempuran kemajuan teknologi dan gaya hidup, keluarga di Finlandia dianggap tetap erat sekali memegang adat tradisional warisan tetua mereka. Tradisi itu mencakup prakti praktik relasional yang tabu terutama bagi kita di Indonesia.

Umumnya masyarakat Finlandia secara emosional juga selalu terhubung dengan pedesaan dan alam. Di sisi lain, Finlandia dipengaruhi oleh daerah-daerah yang berdekatan dengannya, termasuk pernah dalam dekapan kekuatan dominan Swedia dan Rusia.

Pergaulan Bebas Sebagai Tradisi Keluarga Finlandia

Seperti umumnya berlaku di Barat, Finlandia pun merupakan negara yang tak memperdulikan hal hal absurd seperti kebebasan dalam pergaulan hingga ke tingkat keterbukaan fisik secara eksplisit. Hal itu dianggap sebagai hak asasi dan tak boleh ada yang melerai.

Kebiasaan tersebut sudah turun temurun dan dipandang sebagai sesuatu yang lazim dalam masyarakat. Bahkan, tidak sedikit warga Finlandia yang berpikir tidak menikah agar bisa dengan mudah bergonta-ganti pasangan.

Itulah beberapa budaya masyarakat Finlandia, yang tidak sepenuhnya ideal untuk menjadi rujukan dalam kepengasuhan dan penguatan kokohnya keluarga. Namun, tentu tetap ada sisi baiknya yang bisa kita ambil. (ybh/kpd)

Recommended For You

About the Author: Ain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

thirteen + five =