crossorigin="anonymous"> Orangtua Berperan Penting Optimalkan Pengalaman Positif Bagi Anak
RumahAnakBerita

Orangtua Berperan Penting Optimalkan Pengalaman Positif bagi Anak

JAKARTA – Psikolog dari @thelittlewisdom_id Reti Oktania, M.Psi, mengatakan orangtua berperan penting untuk mengoptimalkan pengalaman yang positif bagi anak, mulai dari bagaimana menjaga kesejahteraan diri mereka, termasuk dengan mengkonsumsi makanan minuman bernutrisi.

“Orangtua juga berperan penting dalam mengoptimalkan pengalaman positif bagi anak tentang bagaimana menjaga lingkungan sehat yang berkelanjutan dan aman untuk perkembangan kemandirian anak,” kata Reti.

Hal itu dikatakan Reti pada press conference penutupan rangkaian kegiatan HiLo School Poster Drawing Competition (HPDC) 2022 di di Hotel Akmani Jakarta, Kamis (10/3/2023).

Dia menambahkan masih berkaitan dengan menumbuhkan kreatifitas anak dalam ajang HPDC, menurut Reti terdapat beragam manfaat bagi anak jika diberikan kesempatan untuk menggambar secara bebas (freedrawing). Tidak hanya mampu meningkatkan kreativitas, namun anak juga dapat belajar banyak hal.

Pengalaman itu mulai dari belajar sebab-akibat, sarana mengekspresikan diri, meningkatkan kemampuan motorik, hingga memungkinkan mereka untuk menuangkan ide dengan lebih dari satu cara.

“Adapun proses dan hasil karya anak bermula dari pengalamannya dalam mengenali lingkungan sekitar,” katanya.

Di kesempatan yang sama Brand Associate HiLo School, Lisa Arianti, menambahkan terkait dengan anjuran konsumsi makanan minuman bernutrisi, HiLo School senantiasa berupaya menyajikan produk lebih rendah gula, rendah lemak, dan tinggi protein yang mampu mendukung pertumbuhan optimal anak.

Saat ini, terang Lisa, produk HiLo School juga telah mendapatkan klaim logo “Pilihan Lebih Sehat” dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI).

“Ini diharapkan dapat memudahkan orang tua dalam menentukan produk yang lebih sehat dikonsumsi anak-anak,” imbuhnya.

Dalam pelaksanaan HiLo School Poster Drawing Competition 2022, HiLo School turut menggandeng PiBo, sebuah perpustakaan daring yang dirancang khusus untuk melibatkan anak-anak, menghubungkan keluarga, dan membantu anak-anak belajar melalui cerita, untuk berkolaborasi meluncurkan buku edukasi bertajuk HiLotopia: Misi Menjaga Diri dan Bumi, di mana hasil karya pemenang dapat ditemukan sebagai bagian dari ilustrasi buku ini.

Aisha Habir, Business Development Director dan Co-Founder PiBo, mengatakan, PiBo sebagai platform web dengan ratusan buku anak terkurasi yang bisa diakses di mana saja dan kapan saja. Ia pun menyatakan sangat bangga bisa bekerja sama dengan HiLo
School yang turut serta memajukan pendidikan di Indonesia melalui buku bacaan berkualitas.

Dikatakan dia, untuk bisa membaca buku secara daring di PiBo, orangtua hanya perlu mendaftarkan akun keluarga, di mana orang tua dapat menambahkan hingga 3 anak dengan profilnya masing-masing.

“Kami percaya, anak-anak yang memilih buku mereka sendiri akan jauh lebih mungkin menyelesaikan membaca dan menikmatinya. Hal ini mendorong kegemaran membaca yang dapat bertahan seumur hidup. PiBo memang dirancang untuk penjelajahan mandiri ana,” kata Aisha.

Selain PiBo, HiLo School juga mendapatkan dukungan dari Mandai Wildlife Group Singapura. Fanny Chen, Assistant Vice President, Mandai Wildlife Group, mengungkapkan, sebagai organisasi satwa liar, pihaknya mendukung gaya hidup yang sadar akan lingkungan dan hal ini selaras dengan tema kampanye HiLo School, yaitu “Misi Menjaga Diri dan Bumi”.

“Melalui HiLo School Poster Drawing Competition, kami berharap anak-anak dapat memahami betapa pentingnya melindungi bumi yang kita tinggali ini,” tandasnya.*/Fiqih Ulyana

Related Articles

Back to top button