Memahami Fitrah Anak dan Hal yang Mempengaruhinya

SALAH SATU yang paling berpengaruh terhadap terjaga maupun rusaknya fitrah pada diri anak-anak kita adalah lingkungan (البيئة). Tetapi yang kerap dilupakan adalah bahwa lingkungan awal, terdekat sekaligus terkuat pengaruhnya bagi jiwa anak adalah keluarga besar (الأسرة). Bukan tetangga kiri kanan.

fitrah anak
Ilustrasi sumber: Pixabay

Sesudah keluarga, barulah lingkungan yang lebih luar, yakni tetangga terdekat kita hingga tetangga yang jauh, dan kemudian lingkungan yang lebih luar. Maka membicarakan pengaruh lingkungan mengharuskan kita untuk memahami keluarga sebagai lingkungan terdekat dan terkuat. Jangan sampai kita menyalahkan tetangga sebagai penyebab keburukan anak kita, padahal rumah kita belum memenuhi kualifikasi sebagai lingkungan yang baik dan membaikkan alias biah shalihah (البيئة الصالحة).⁣⁣
⁣⁣
Apakah yang dimaksud dengan lingkungan (البيئة)? Secara sederhana, lingkungan itu memiliki empat unsur yang merupakan satu kesatuan dalam memberikan pengaruh. Apa saja itu? Ada tempat, manusia, pemikiran dan gagasan (afkar) dan ‘aadat (budaya atau tata perilaku berikut nilai yang diyakini). Rumah yang baik saja tidak cukup jika kebaikan itu hanya mereka saksikan ada di rumah, tetapi tidak membekas pada diri mereka pengaruh yang terus-menerus pada ranah pemikiran.⁣⁣
⁣⁣
Dari sini kita mendapati tiga macam kualitas lingkungan, tidak terkecuali rumah kita. Dua yang pertama merupakan lingkungan yang baik, yakni biah hasanah (البيئة الحسنة) dan biah shalihah (البيئة الصالحة). Sedangkan yang ketiga tidak baik dan bersifat merusak alias (البيئة الفاسدة). Pada tataran keluarga, kita perlu berusaha menjadikan rumah kita sebagai biah shalihah.

Bukan sekedar biah hasanah, yakni lingkungan yang baik dan kondusif terhadap kebaikan. Sedangkan pada tataran tetangga dekat maupun jauh, kita perlu berusaha menjadikan atau menemukan –jika kita hendak berpindah tempat tinggal—biah hasanah. Tentu saja kita perlu berusaha mencegah rumah kita agar tidak menjadi biah fasidah.

Baca Juga :   Inilah 3 Tradisi Keluarga Finlandia yang Jarang Diketahui

Ikuti materi ini selengkapnya di sini.

Recommended For You

About the Author: Ain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 + 14 =