crossorigin="anonymous"> Keluarga Juga Perlu Punya Visi Loh!
Rumah

Keluarga Juga Perlu Punya Visi Loh!

Sebagaimana pribadi atau individu yang memerlukan visi. Keluarga pun perlu memiliki visi.

Karena dengan adanya visi suami dan istri tahu jalan panjang yang perlu dilalui.

Mengerti bagaimana harus gas pol dalam tanjakan. Menguatkan rem ketika turunan. Dan, berhati-hati kala menikung turun atau menikung sembari menanjak.

Banyaknya pertengkaran, bahkan yang karena perkara kecil antara suami dan istri bisa terurai kalau masing-masing sadar akan visi keluarga.

Visi Keluarga Nabi Ibrahim

Bicara visi contohnya dalam Alquran telah tersedia. Satu di antaranya bisa kita pelajari dari sosok Nabi Ibrahim alayhissalam.

Beliau menikah hingga memiliki dua istri dengan visi yang jelas, memiliki keturunan sholeh yang dapat melanjutkan risalah dakwah.

Oleh karena itu, kala Nabi Ibrahim membawa istri keduanya, Siti Hajar ke Mekkah yang kala itu tidak ada tanda-tanda kehidupan, demi penididkan anak yang sholeh, tantangan itu diterima dengan sabar. Baik oleh Nabi Ibrahim maupun sang istri, Siti Hajar.

Analogi Visi

Pentingnya visi semakin mudah kala kita analogikan seperti mobil. Suami sebagai driver, menentukan dan memilih jalan terbaik sampai ke tempat tujuan.

Sedangkan istri berperan sebagai navigator yang akan membantu driver memastikan seluruh penumpang tertib, terarah, sesuai tujuan awal, sehingga perjalanan lancar dan selamat sampai tujuan.

Visi Keluarga Muslim

Alquran sebenarnya memberikan panduan tentang visi ini secara terang dan jelas.

“Selamatkanlah dirimu dan keluargamu dari api neraka.”

Itulah visi keluarga Msulim. Oleh karena itu suami dan istri harus sinergi dan kolaborasi agar keluarga tetap dalam jalan iman dan Islam.

Dengan begitu maka anak-anak yang dilahirkan dalam keluarga akan tumbuh sebagai Muslim yang berkualitas dan dapat membangun peradaban dunia lebih baik.

Sebab inti peradaban ada pada keluarga yang beradab. Dan, itu adalah keluarga yang memiliki visi surga.*

Mas Imam Nawawi

Back to top button