Doa Walimatul Ursy Teks Arab, Latin, Makna dan Hikmahnya

Doa Walimatul Ursy–Walimatul ‘Urs atau seringkali ditulis ‘Ursy adalah kalimat yang barangkali sudah lazim kita dengar, terutama dalam keseharian. Namun acapkali berlalu begitu saja tanpa mampu diresapi kandungan, makna dan hikmahnya. Padahal di dalamnya ada muatan penting yang sarat dengan doa atau munajat pengharapan kepada Tuhan.

Doa walimatul Urs amat penting karena disana terdapat hal hal yang menjadi harapan semua pengantin. Sebagaimana pengertiannya, walimatul urs adalah perhelatan resepsi pernikahan atau perayaan untuk menandai terjalinnya keluarga baru antara mempelai laki-laki dan perempuan dalam Islam.

Walimatul Urs tidak saja menjadi tradisi jamuan tanda syukur, bagi umat Islam di Indonesia resepsi pernikahan sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kultur masyarakat. Walimatul Urs merupakan sunnah Nabi Muhammad SAW, yang, karena itu, ia perlu dipahami kedudukan dan keutamaannya.doa walimatul ursy

Walimatul Urs sebagai sebuah simbol persatuan antar dua kerabat keluarga yang sebelumnya tak saling terhubung, maka ia perlu dipahami akan maksud, makna dan hikmahnya. Sebab, tentu tak elok apabila walimatul ursy semata berisi pesta, hura hura dan perjumpaan belaka.

Karena keutaamannya (fadilah) itu, maka Walimatul Urs amat penting terus disegar-segarkan agar menjadi peneguh kita dalam menjalani bahtera rumah tangga yang selamat, bahagia dan penuh keberkahan. Berikut muatan doa Walimatul Urs beserta pengertian, makna dan hikmahnya.

Apa Itu Doa Walimatul Ursy?

Sebelum ke doa Walimatul ‘urs, kita akan bahas dulu definisi Walimatul ‘urs itu sendiri. Seperti diutarakan di awal, memang ada sedikit perbedaan -untuk tidak menyebut kesalahan- dalam penyebutan Walimatul Urs. Umumnya masyarakat kita menyebut dan menuliskannya dengan Walimatul ‘ursy, padahal kaidah yang benar bukanlah demikian.

Baca Juga :   Dua Langkah Sederhana Menjaga Kerharmonisan Keluarga

Penulisan yang benar adalah “Walimatul ‘urs”, tanpa menggunakan “y” atau tak pakai huruf “syin”, melainkan huruf “sin” biasa. Namun, karena sudah terlanjur meluas tanpa upaya pengecekan terlebih dulu, akhirnya kata ‘ursy’ di belakang walimatul-lah yang lebih sering didengar bahkan umum tertera pada lembaran kartu undangan.

Tentu saja tidak perlu menyalahkan siapapun dalam penulisan atau penyebutan Walimatul ‘urs, yang perlu kita lakukan adalah melakukan pencerahan terus menerus kepada umat agar semakin mengerti. Dengan demikian, ia akan semakin mengerti apa itu Walimatul ‘urs, doanya, pengertian, makna dan hikmahnya.

Dalam pengertiannya yang paling umum, mayoritas ulama ahli bahasa Arab mengartikan walimah sebagai jamuan. Sebagian pakar lainnya memaknai kata walimah sebagai perkumpulan atau berkenaan dengan perjumpaan untuk sebuah perayaan. Singkatnya, walimah adalah helatan perayaan menyajikan jamuan yang menghadirkan kumpulan orang. Sementara kata al-‘urs atau ‘urs itu bermakna perkawinan atau pernikahan (zifaf wa tazwij). Walimatul ‘urs adalah perjamuan pesta atau resepsi pernikahan.

Teks Arab, Latin, dan Terjemahan Doa Walimatul Ursy

Intisari dari walimatul ‘urs bukan pada perjumpaan, jamuan maupun pada beragam pernak perniknya semata, namun lebih dari itu, yang paling utama adalah kandungan doanya yang memiliki artikulasi yang penting dan mendalam.

Doa walimatul ‘urs sudah sering kita dengar, bahkan ia banyak didadati dalam aransemen menjadi lirik dalam lagu lagu tertentu. Berikut ini teks doa Walimatul ‘urs dan terjemahannya:

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ. بَارَكَ اللهُ لِكُلِّ وَاحِدٍ مِنْكُمَا فِيْ صَاحِبِهِ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ

Teks latin:

“Baarokallaahu laka wa jama’a bainakuma fii khairin. Baarakallahu likulli waahidin minkumaa fii shaahibihi wa jama’a bainakumaa fii khairin”

Artinya lengkap:

Baca Juga :   Dua Langkah Sederhana Menjaga Kerharmonisan Keluarga

“Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagimu. Dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan. Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagi masing-masing kalian berdua atas pasangannya, dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan.”

Doa Walimatul ‘urs ini sangat dianjurkan disampaikan kepada pengantin baik secara langsung maupun dalam setiap munajat kita. Lafaz doa ini sebagaimana disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu diriwayatkan dalam Abu Dawud nomo hadits 2130.

Makna Doa Walimatul Ursy

Mari kita menggali makna dari doa Walimatul Urs memuat arti lengkap berikut ini: “Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagimu. Dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan. Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagi masing-masing kalian berdua atas pasangannya, dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan.”

Makna secara kontemplatif doa Walimatul Urs ini adalah pengharapan hamba kepada Tuhan agar pengantin dan kerabat-kerabatnya semua mendapatkan keberkahan yang luas. Kandungan berkah Allah (baarokallaahu) di situ berarti mencakup dimensi duniawi dan ukhrowi. Makna doa ini juga adalah agar Allah SWT menganugerahkan kebaikan kepada kedua mempelai pengantin dalam setiap kebersamaannya.

Selain itu, secara lebih menukik, doa Walimatul Urs ini mengandung doa yang sangat elementer dengan kehidupan terutama bagi kedua pasangan untuk terus selalu langgeng dalam pernikahan yang luhur, dalam ketakwaan, keimanan, dan ibadah dengan curahan keberkahan yang tidak putus dari Allah SWT.

Doa Walimatul Urs mengalirkan spirit rabbaniyyin dimana di sana ada pengharapan yang amat sungguh agar pasangan terus dalam keluhuran dari tujuan menikah itu sendiri yakni karena ibadah kepada Allah SWT dan memunajatkan turunnya kebaikan dari-Nya. Kebaikan di sini, tentu saja, sangat luas maknanya. Ia bisa mencakup kebaikan rejeki pengantin, kemantapan ibadah, keluasan hati, kejernihan pikiran, baiknya pekerjaan, bagusnya keturunan, harmoninya jalinan keluarga, mulianya akhlak, dan berbagai kebaikan lainnya yang melintasi dimensi astral.

Baca Juga :   Dua Langkah Sederhana Menjaga Kerharmonisan Keluarga

Baca Juga : Inilah 3 Tradisi Keluarga Finlandia yang Jarang Diketahui

Hikmah Doa Walimatul Ursy

Dari pengertian dan makna daripada doa walimatul urs, maka kita mendapati bentangan hikmah yang amat luas. Diantaranya adalah pentingnya penyelenggaraan walimatul urs yang khidmat sehingga ia tidak saja menghadirkan gempita suasana kenduri dan perjumpaan resepsi yang penuh kemegahan, namun juga memfestivalkan kegembiraan karena adanya doa walimatul urs yang ditutur penuh sungguh dengan hati yang khusyuk untuk pengantin dan keluarga.

Lebih dari itu, dalam setiap walimatul urs tidak menuntut harus mewah dan meriah. Bahkan sajian apa adanya sesuai kemampuan pun tak mengapa. Yang terpenting adalah tersampaikannya pesan bahwa resepsi pesta pernikahan adalah sebagai bentuk rasa syukur, penanda kebahagiaan dan tak lupa menjadikan doa walimatul urs sebagai nilai utama. Semoga Allah memberkahi kita semua, Aaamiin. (ybh/kpd)

Recommended For You

About the Author: Ain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × one =