crossorigin="anonymous"> Bappenas Apresiasi YPA-MDR Dukung Pembangunan Berkelanjutan Bidang Pendidikan
BeritaPendidikan

Bappenas Apresiasi YPA-MDR Dukung Pembangunan Berkelanjutan Bidang Pendidikan

JAKARTA – Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) / Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Subandi Sardjoko, mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada Astra – Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) atas kiprahnya mendukung tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) dimana hal ini juga menjadi salah satu agenda prioritas dari G20 bidang pendidikan.

“Kami dai pemerintah berterima kasih kepada Astra yang turut membangun pendidikan Indonesia yang sejalan dengan platform SDGS untuk mendukung arah kebijakan pembangunan manusia dan tujuan pembangunan berkelanjutan di bidang pendidkan,” katanya.

Hal itu disampaikan Subandi dalam acara Virtual Media Gathering dengan mengusung tema Bergerak Bersama Majukan Pendidikan Indonesia yang teragkai dalam kegiatan Bincang Edukatif dan Kunjungan Virtual Sekolah Binaan “Live Eduvlog”, Rabu (25/5/2022).

Menurut Subandi, terobosan yang telah dilakukan YPA-MDR sejalan dengan tujuan SDGs dimana ada program untuk guru dan pembangunan karakter yang sangat penting dan dukungan ini sangat bermanfaat.

Dia menegaskan, kualitas Pendidikan perlu dikejar dan sama pentingnya dengan akses pendidikan, salah satunya dengan meningkatkan kualitas guru.

ypmrSubandi menambahkan, bergerak bersama memajukan pendidikan Indonesia yang dalam konteks SDGs memiliki 4 pilar yang perlu diteguhkan yaitu pilar sosial, pilar ekonomi, lingkungan dan pilar tata kelola.

“Arahnya dalam rangka pemajuan kualitas sumber daya manusia. Seluruh tujuan tersebut sudah diarusutamakan dan menjadi target di dalam rencana pembangunan jangka menengah 2020-2024,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, pendidikan adalah satu aspek dari pembangunan manusia yang amat penting diperhatikan dalam rangka mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing.

“Apa itu manusia yang berkualitas dan berdaya saing yang unggul adalah manusia yang sehat, cerdas, kreatif, aktif, inovatif, terampil dan bermartabat,” kata Subandi.

Dalam pada itu, Subandi menyebutkan ada 3 pilar untuk membangun manusia unggul dimana seluruh penduduk hendaknya dapat mengakses kebutuhan dasar tersebut yaitu tata kelola kependudukan, perlindungan sosial, dan akses kesehatan.

“Artinya, seluruh penduduk tanpa terkecuali harus memiliki identitas untuk dapat mengakses kebutuhan seperti bantuan sosial termasuk juga AKTA kelahiran yang merupakan hak sipil untuk setiap warga negara. Demikian juga perlindungan sosial, bukan saja yang tidak mampu tapi semua mendapatklan perlindungan. Begitupun untuk pilar kesehatan, ini amat penting dan menjadi target prioritas,” tandasnya.

FIQIH ULYANA

Related Articles

Back to top button