crossorigin="anonymous"> 5 Langkah Penting Pertahankan Semangat Hidup Pasangan
Relationship

5 Langkah Penting Pertahankan Semangat Hidup Pasangan

Ketika pasangan (suami atau istri) merasakan tekanan hidup yang tidak biasa, maka (suami atau istri) harus ada yang mengambil langkah penting untuk pertahankan semangat hidup tetap menyala dalam akal dan jiwa pasangan.

TIdak jarang istri pulang dari jemput anak di sekolah dengan wajah tidak enak. Ternyata, anaknya tidak berubah perilaku bruuknya kala belajar dalam kelas.

Melihat hal itu, suami harus berusaha memberikan ketenangan kepada sang istri agar tidak lemah semangat. Nah ini kita akan ulas lima langkah penting itu.

Berikan Semangat Pasangan dalam Setiap Keadaan

Sejarah Rasulullah SAW bersama Ibunda Khadijah ra memberikan pelajaran konkret akan hal ini.

Kala Rasulullah SAW mengalami guncangan jiwa dan pikirannya usai menerima wahyu pertama, maka sang istri menghibur dan menguatkan.

“Berbahagialah wahai putra pamanku dan teguhlah engkau. Demi Dzat yang jiwa Khadijah berada di tangan-Nya! Sungguh aku berharap engkau menjadi nabi umat ini.” (Ibnu Hisyam dalam as-Sirah an-Nabawiyah, 1/236).

Jadilah Pendengar yang Baik Kala Pasangan Bercerita

Mendengar termasuk aktivitas yang butuh kesabaran. Itu berarti mendengar berarti mau berkorban untuk menenangkan hati pasangan.

Jadi, ketika istri cerita, suami harus berjuang mendengarkan. Demikian sebaliknya. Insha Allah dengan pengorbanan mau mendengar, satu sama lain akan bisa saling menguatkan dan tetap bersemangat.

Bantu Pekerjaan Pasangan

Pagi hari saat weekend, suami bisa membantu pekerjaan istri walau sederhana. Seperti menyapu, menjemur baju atau apapun.

Hal itu akan menjadikan hati istri sangat senang dan bahagia. Akan menilai bahwa suaminya penuh perhatian.

Jadi, berusahalah untuk peka dan bergeraklah membantu pekerjaan istri walau itu ringan atau sederhana.

Hargai Keputusan dan Pandangannya

Pasangan juga harus bisa menghargai keputusan satu sama lain. Kemudian juga menghargai pandangannya terhadap satu dan lain hal.

Sebagai contoh, ketika istri memutuskan untuk membelikan uang belanja makanan spesial karen ada keluarga jauh datang bertamu, maka hargai. Jangan dipertanyakan apalagi disalahkan.

Doakan Selalu

Jangan lupa, selain upaya langsung berupa kontak fisik, suami istri sangat baik kalau dalam sunyi dan secara batin saling mendoakan.

Langkah ini sangat penting. Karena selain memupuk rasa cinta juga menguatkan rasa saling pecaya satu sama lain.

Terlebih kala ada yang mengalami beban berat, ujian atau hal yang tidak biasa. Berdoa adalah cara yang sangat efektif untuk mengundang pertolongan Allah.

Bagaimana, mudah dan bisa kan setiap pasangan melakukan lima langkah penting ini?*

Mas Imam Nawawi

Related Articles

Back to top button