crossorigin="anonymous"> 3 Langkah Jadi Keluarga Bahagia
Relationship

3 Langkah Jadi Keluarga Bahagia

Hari ini menjadi bahagia memang banyak cara. Tetapi yang benar-benar membahagiakan dalam keluarga, tentu butuh kesadaran kita semua. Inilah 3 langkah jadi keluarga bahagia.

Langkah Pertama

Niat untuk ibadah dengan sempurna. Menjadi suami atau istri harus selalu sadar akan perlunya niat yang lurus, ikhlas dan tulus.

Dengan begitu masing-masing diri akan berupaya memberikan pelayanan terbaik. Satu sama lain saling mendukung, bukan menuntut dan menyalahkan.

Lebih jauh hadirnya niat seperti itu akan dorong diri senantiasa berusaha meneladani Nabi Muhammad SAW dalam berrumah tangga.

Langkah Kedua

Menyamakan persepsi akan tujuan berkeluarga.

Jika merujuk pada Alquran, maka yang menjadi komitmen adalah bagaimana meraih ketenangan sakinah) cinta dan kasih sayang.

Jadi, suami atau istri harus bisa saling memberi ketenangan, ketenteraman dalam hati. Itu berarti satu sama lain berpartner atau berpasangan.

Dalam hal lebih spesifik, seorang istri punya satu kewajiban yang perlu jadi kesadaran dan komitmen dalam berkeluarga.

Maka perempuan-perempuan yang saleh, adalah mereka yang taat (kepada Allah) dan menjaga diri ketika (suaminya) tidak ada, karena Allah telah menjaga mereka. (Q.S. al-Nisa :34).

Istri taat kepada suami tak berarti suami punya hak istimewa semena-mena. Suami harus menjaga, menyayangi dan melindungi istri.

Langkah Ketiga

Berlomba dalam kebaikan antara suami dan istri.

Keluarga bahagia akan terwujud kala suami dan istri terus berlomba dalam kebaikan.

seperti mau bekerja keras, hidup sederhana, efisien, rendah hati, santun, bersahabat, pemaaf, bijaksana dan saling menghargai.

Mengapa tidak dalam satu momentum, suami istri bersepakat untuk lomba bangun paling awal untk selanjutnya saling mengingatkan untuk sholat tahajjud. Keren bukan?*

Mas Imam Nawawi

Related Articles

Back to top button