More
    BerandaParenting3 Langkah ini Jadikan Ayah Bunda Orangtua Bijak

    3 Langkah ini Jadikan Ayah Bunda Orangtua Bijak

    Menjadi orangtua bukan perkara mudah. Hal ini karena dalam menjalankan tugas ini tidak sebatas butuh kapasitas intelektual, tetapi juga iman dan emosional. Lalu bagaimana ayah bunda bisa jadi orangtua bijak?

    Pertama, jadilah orangtua yang ketika anak menghadapi kesulitan, mengadu atau curhat kepada kita, kita berusaha untuk membantunya menemukan cara mengatasinya dengan baik.

    Lebih jauh sebagai orangtua kita harus berupaya agar semangat hidup dan cita-cita dalam dirinya tetap menyala. Bukan malah memaksakan keinginan diri sendiri kepada anak.

    Belajar dari Kesalahan

    Kedua, mendorong agar anak mampu mengambil pelajaran dari kesalahan yang pernah ia lakukan.

    Sebagai contoh, seorang anak pulang dari sekolah dengan wajah sedih, karena hasil ujiannya tidak memuaskan.

    Maka orangtua jangan menyalahkan, tetapi menuntun bagaimana anak bisa berpikir, apa yang menjadi sebab hasil buruk itu.

    Mungkin anak tidak disiplin dalam membagi waktu, sehingga lebih banyak bermain daripada belajar. Atau tidur terlalu malam, sehingga saat ujian dalam kondisi tidak fit alias ngantuk.

    Mendorong Anak Paham Keunikan Dirinya

    Ketiga, orangtua berusaha untuk menyampaikan sisi unik dan keunggulan setiap anak.

    Berikan mereka pengenalan bagaimana mengenali diri sendiri, menyadari potensinya kemudian bagaimana terus mengembangkannya, sehingga anak memiliki semangat, fokus dan kesungguhan dalam belajar.

    Insha Allah tiga langkah minimal ini akan jadikan tumbuh kembang anak berlangsung dengan baik dan menghasilkan satu lompatan prestasi yang sangat orangtua nantikan dari setiap anaknya.*

    Mas Imam Nawawi

    Must Read

    spot_img